ALFARABI : ANALISIS PENDIDIKAN DALAM KONSEP PENDIDIKAN JIWA

Rivai

Oleh : Rivai Bolotio

Pendahuluan

Al-Farabi merupakan sosok pendidik psikho-falsafi yang amat brillian pada masanya. Hasil karyanya sangat monumental dan membumi hingga saat ini. Ide-idenya banyak menyedot perhatian dikalangan dunia pemikir dan kaum terpelajar khususnya di kalangan pendidik Islam, karena memilki kekhasan tersendiri dibanding dengan tokoh-tokoh yang lain.

Adapun kekhasan berfikirnya dapat mewarnai sebuah masyarakat untuk lebih berfikir kritis, logis dan harmonis demi membangun suatu tatanan bangsa yang lebih anggun dan terdidik. Menurutnya, seorang raja adalah seorang guru bagi suatu bangsa. Kebijakan seorang guru sangat utama dalam mewarnai sistem di masyarakat, karenanya pemerintah harus memperhatikan pendidikan demi mewujudkan suatu bangsa yang sehat mentalnya menuju keutamaan. Bila seorang pendidik diberi porsi yang baik, maka tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara akan lebih cemerlang dan tercerahkan, karena kesehatan mental yang membuahkan budi dan pekerti akan lebih menjadi panglima dalam mengantar masyarakat tinimbang dengan jiwa yang direcoki dengan nafsu materi.

Begitulah salah satu refleksi berfikir sosok al-Farabi, yang bermuatan pendidikan psikologi yang berpijak pada nilai-nilai ilmu, iman dan amal saleh. Dari sanalah jiwa menjadi kekuatan dalam mejelajahi hidup yang lebih bermakna dalam kehidupan. Berdasarkan konsep ini, kami mencoba mengeksplorasikan pemikirannya yang bermuatan psikologi dengan karya-karya beliau yang membawa masyarakatnya untuk dapat mengubah pola berprilaku dan bersikap, pada waktu itu, untuk lebih membumi dan menjaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: