LIBERALISASI PENDIDIKAN ISLAM: UPAYA PENINGKATAN KUALITAS UMMAT

Oleh : Muhammad Idris

Pendahuluan

Dewasa ini, wacana Pendidikan, telah menjadi icon yang menarik untuk diperbincangkan di kalangan pemikir pendidikan. Bahkan menyedot perhatian besar di kalangan pemerhati pendidikan. Hal ini, sejalan dengan kemajuan dan perkembangan zaman yang semakin pesat dan canggih akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan pemikiran Islam syarat dengan pendidikan liberal (penuh kreativitas). Hal tersebut dipandang penting, namun pendidikan yang ada telah mengabaikan nilai fitrah manusia yang memilki kebebasan. Nilai kebebasan yang ada di dalam diri individu manusia saat ini diambil alih oleh individu yang lain dengan mengatasnamakan demokrasi. Lebih nyata dalam realitas kehidupan, mengambil hak-hak individu yang lain melalui lembaga dengan dalih demokrasi dan kualitas.

Seorang pakar pendidikan Paulo Freire misalnya, memberikan ilustrasi bahwa pendidikan dewasa ini melalui lembaga sekolah membentuk insan-insan robot yang bekerja bagaikan mesin yang bekerja secara mekanik, manusia secara bertahap dipangkas kemerdekaan dan kebebasannya dalam bertindak. Secara sederhana Freire menegaskan bahwa “konsistensi yang absolut akan membuat hidup ini menjadi sebuah pengalaman yang tidak harum, tidak berwarna, dan tidak terasa”. Atas dasar tersebut Freire memilki konsep deschooling, belajar tanpa sekolah. Sebab belajar dapat dilakukan di luar institusi sekolah bahkan dalam ruangan terbuka sekalipun.

Pada dasarnya krakteristik pemikiran Islam mengenai pendidikan Islam liberal, cenderung bersifat organik, sistematis dan fungsional dengan akar paradigma yang mengacu pada al-Quran, al-Sunnah dan kretivitas berfikir (liberal/Ijtihad). Fungsionalisasi pemikiran pendidikan Islam merupakan manefestasi dari rasa tanggung jawab manusia sebagai khalifah Tuhan di bumi, maka itu bermakna manusia dapat mewujudkan kebaikan dan kemuliaan.

Satu Balasan ke LIBERALISASI PENDIDIKAN ISLAM: UPAYA PENINGKATAN KUALITAS UMMAT

  1. nur hasan mengatakan:

    memang benar sekali pendidikan sekarang kita bagaikan robot yang harus mengacu pada peraturan yang berlaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: