MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA

Oleh : Ishak Talibo

Pendahuluan

Untuk mewujudkan manusia Indonesia yang mermutu dalam mengisi pembangunan dibutuhkan peran serta dari semua pihak salah satunya ialah lembaga pendidikan. Berbagai upaya terlah dilakukan oleh lembaga pendidikan yakni tingginya mutu pendidikan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya media pembelajaran laboratorium perpustakaan dan para penyelenggara pendidikan terutama tenaga pengajarnya.

Sehubungan dengan hal tersebut dilakukannya berbagai upaya demi meningkatkan pendidikan baik secara kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan pendidikan secara kauntitatif antara lain meliputi penambahan ruang belajar, penambahan laboratorium dan perpustakaan perlu dipikirkan, hal ini sejalan dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan diadakannya tes setiap akhir semester untuk mengetahui prestasi siswa dalam menyerap materi pelajaran yang diberikan selama enam bulan disamping itu untuk mengetahui sejauh mana kebehasilan guru dalam menyajikan materi pelajaran dalam kurung waktu tertentu sesuai dengan kurikulum.

Telah banyak upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan termasuk faktor manusianya (tenaga pendidik) namun belum mencapai hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan. Peningkatan kualitas guru dalam proses belajar mengajar adalah salah satu dari upaya peningkatan mutu pendidikan karena guru berperan sekali dalam keseluruhan proses belajar mengajar. Siswa mengharapkan sekali dari guru bila harapan itu dipenuhi siswa akan merasa puas bila tidak ia akan merasa kecewa. Guru sendiri harus menyadari perannya dalam pertemuannya dengan siswa. Berperan sebagai guru mengandung tantangan, karena disatu pihak guru harus ramah, sabar, menunjukkan pengertian, memberikan kepercayaan, dan menciptakan suasana aman dan di lain pihak guru harus memberikan tugas mendorong siswa untuk berusaha mencapai tujuan, memberi koreksi, menegur dan menilai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: