PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK TERHADAP KODIFIKASI BAHASA INDONESIA

Oleh : Ardianto

Pendahuluan

Bahasa adalah sesuatu yang hidup. Sebagai sesuatu yang hidup, ia tentu mengalami perkembangan. Dan, perkembangan berarti perubahan. Perubahan itu terjadi, oleh karena bahasa adalah satu-satunya milik manusia yang tak pernah lepas dari segala kegiatan dan gerak manusia sebagai makhluk yang berbudaya dan bermasyarakat. Keterikatan dan keterkaitan bahasa dengan manusia1 itulah yang mengakibatkan bahasa itu menjadi tidak statis, atau meminjam istilah Chaer (1994:53) bahwa bahasa itu dinamis.

Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan sebagai bahasa standar dan sebagai bahasa resmi kenegaraan tak lepas dari arus perubahan, sebagai konsekuensi logis dari perkembangan dan perubahan konstruksi sosial masyarakat. Sehingga dapat disebutkan bahwa bahasa Indonesia itu berkembang bahkan berubah seiring dengan perkembangan masyarakat bahasa di Indonesia. Sebagai respon dari perkembangan dan perubahan tersebut, maka dalam perkembangannya bahasa Indonesia terus mengalami standardisasi (pembakuan)2.

Salah satu contoh kasus pembakuan atau kodifikasi bahasa Indonesia yang dapat disebut sebagai kodifikasi yang berangkat dari fakta deskriptif bahasa Indonesia oleh masyarakat adalah pemakaian akhiran “nisasi” pada bentuk kata seperti “pipanisasi”, “swastanisasi”, dan “lantainisasi”. Walaupun ada beberapa ahli bahasa3 yang tampaknya keberatan atas kodifikasi pemakaian akhiran “nisasi” tersebut, menjadi perdebatan para ahli bahasa di Indonesia, namun dalam kenyataannya banyak sekali dijumpai dan kerap kali digunakan, baik dalam bahasa tulis maupun dalam bahasa lisan.

Satu Balasan ke PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK TERHADAP KODIFIKASI BAHASA INDONESIA

  1. ade kusmana mengatakan:

    bagus tulisan anda, hanya contohnya sangat minim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: