URGENSI SUPERVISI AKADEMIK BAGI DOSEN DI INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI

Kusnan

Oleh : Kusnan

Pendahuluan

Isu sentral dan fokus kebijakan strategis Direktorat Pendidikan Tinggi Islam tahun 2006 adalah meliputi: 1) mengejar ketertinggalan mutu pendidikan, yakni dengan memberikan bantuan yang bernilai besar/target tertentu, kerjasama dan spesialisasi; 2) manajemen pendidikan tinggi, yakni dengan berorientasi pada dosen dan mahasiswa, dan meningkatkan otoritas pendidikan tinggi (Tuli, 2005:3).

Hal ini sesuai dengan penjelasan yang disampaikan oleh Sekretaris Dirjen Bagais pada tanggal 20 Januari 2006 pada pertemuan dengan dosen STAIN Manado bahwa langkah yang perlu dilakukan untuk peningkatan kualitas dosen adalah dengan pemberian beasiswa, adanya komitmen dan profesionalisme dosen, kualifikasi minimal S2, adanya penghargaan dan sanksi tertentu, dan kerjasama dengan pihak terkait.

Kebijakan yang ditempuh tersebut pada prinsipnya berorientasi pada peningkatan kualitas kinerja personalia khususnya para staf pengajar atau dosen di lembaga pendidikan tinggi khususnya UIN, IAIN, dan STAIN. Tugas pokok Pendidikan Tinggi adalah menyelenggarakan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan agama Islam, teknologi untuk ilmu pengetahuan agama dan seni yang bernafaskan Islam sesuai dengan peratutan perundang-undangan yang berlaku (Depag RI, 2002:25).

Dalam rangka pelaksanaan tugas pokoknya, Pendidikan Tinggi tentunya melakukan upaya-upaya untuk merealisasinya dengan melalui berbagai program kegiatan, baik yang menyangkut dimensi personalia maupun dimensi material dan manajemen administratif. Dimensi personalia dapat meliputi peningkatan kualitas dosen, pustakawan, perencana, peneliti, tenaga adminsitrasi, dan para pimpinan serta pejabat struktural lainnya. Sedangkan dimensi material dan manajemen administratif mencakup peningkatan fasilitas pendidikan dan pembelajaran, pengadaan gedung perkulaiahan dan perkantoran, ruang laboratorium, pengembangan kurikulum, dan sistem regulasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: