PEDAGOGIK TRANSFORMATIF DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN (SEBUAH INOVASI PROSES)

Zubaidah

Oleh : Zubaedah Albugis

Abstraksi

Kajian tentang pendidikan, tidak terlepas dari sudut pandang yang digunakan. Pendekatan sistem merupakan salah satu cara yang memandang pendidikan secara menyeluruh atau sistemik. Tidak parsial dan tidak fragmatis. Pendidikan sebagai suatu sistem merupakan suatu kesatuan yang utuh, dengan bagian-bagiannya yang berinteraksi satu sama lain. Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu keseluruhan aktivitas manusia yang terbentuk dari bagian-bagian yang mempunyai hubungan fungsional dalam usaha mencapai tujuan akhir. Secara umum, pendidikan dapat digambarkan sebagai kesatuan subsistem-subsistem dan membentuk satu sistem yang utuh dan sinerjik. Sistem pendidikan ini memperoleh masukan (input) dari supra sistem (masyarakat atau lingkungan) dan memberikan hasil (output) bagi supra sistem. Subsistem-subsistem yang membentuk system pendidikan antara lain adalah tujuan, peserta didik/mahasiswa, manajemen, struktur, jadwal waktu, materi, tenaga pengajar dan pelaksana alat bantu belajar, teknologi, fasilitas, kendali mutu, penelitian dan biaya pendidikan.

2 Balasan ke PEDAGOGIK TRANSFORMATIF DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN (SEBUAH INOVASI PROSES)

  1. dindin mengatakan:

    good

  2. Luh Putu Artini mengatakan:

    Ibu Zubaedah yang baik,
    Bisakah saya mendapat informasi beberapa referensi tentang pedagogik transformatif?

    Thanks so much indeed,
    Luh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: