PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA DALAM KEMANDIRIAN (Studi Kasus Hambatan Psikologis Dependensi terhadap Orangtua)

Oleh : Musdalifah Dachrud

Abstrak

Membutuhkan bantuan orang lain adalah suatu hal yang wajar, tetapi bila harapan itu dalam bentuk bantuan materil, moril, emosional dan sepenuhnya disandarkan pada orang lain, maka perilaku tersebut sudah menjadi maladaptive. Dependensi menjadi perilaku maladaptive karena terjadi hambatan di dalam proses perkembangan sorang individu utamanya tugas-tugas perkembangan yang harus dilalui pada tiap-tiap fase.
Perilaku dependensi sebagian besar dapat dijumpai pada usia remaja. Perilaku ini muncul karena remaja yang masih dalam fase peralihan dari masa kanak-kanak yang sebagian besar aktivitas hidupnya digantungkan pada orangtua. Sementara di sisi lain remaja juga memasuki fase yang baru untuk menentukan identitas dirinya sebagai individu yang otonom terhadap dirinya.
Ada beberapa aspek ketergantungan remaja terhadap orangua, seperti dependensi emosional, dependensi fisik dan dependensi sosial.

Kata Kunci:
Hambatan psikologis, dependensi, orangtua

5 Balasan ke PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA DALAM KEMANDIRIAN (Studi Kasus Hambatan Psikologis Dependensi terhadap Orangtua)

  1. citra mengatakan:

    assalamu’alaikum…
    sya citra, Mhswi UIN SUSKA Riau, jurusan psikologi…sya sedang menyusun skripsi ttg kemandirian jga..sya mau tanya, apakah mbak mggunakan referensi dari buku Laurence Steinberg, Adolescence, McGraw Hill Companies…?? jika iya, sya boleh pinjam atau dmana sya bsa dptkan buku tsb??krna saya sdah cari di riau sendiri, baik di pustaka kampz, pstka wilayah riau, segala toko buku, bahkan k jkt, bdg n yogya, namun tidak ketemu…saya melihat banyak sekali penulis maupun peneliti di internet yg mgunakan buku tsb sbgi referensi, tetapi ktika dikonfirmasi kmbali, mrka tidak tau mndptkan buku tsb dri mna…mbak, tolong sya donk…..mkasi ya…atas bantuannya sya ucapkan trima kasih..

  2. musdalifah mengatakan:

    waalaikumsalam.
    di jogja ada beberap tempat yang bisa buat adik hunting bukunya. di perpustakaan psikologi ugm, p[erpustakaan pasca ugm, atau di perpustakaan psikilogi icbn, di jalan mangun sarkoro jogjakarta.
    smoga manfaat ya
    wassalam

  3. sHasHa mengatakan:

    Assalamu alaikum..

    maaf saya shasha, saya juga ngambil penelitian tentang kemandirian remaja. dan klo boleh saya tau sedikit hasil penelitian yang mbak/ibu ini buat. soalnya mau saya jadiin referensi dalam bahan skripsi saya. trima kasih..
    wasalam

    • musdalifah mengatakan:

      walkumsalam adek

      inti pnelitian mbak bahwa remaja itu kemandiriannya dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah perkembangan emosiaonal dan sosialnya. jika kedua perkembangan ini berjalan sesuai tugas-tugas perkembangan remaja maka remaja juga akan mampu mengembnagkan kemandiriannya secara sehat

  4. zulkifli mansyur mengatakan:

    bundaku chayank…kiky minta dong referensi untuk penelitian kuliah siang hari soalnya kiky sudah ulai kewalahan….hehehe
    boleh bunda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: