PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN ISLAM

April 30, 2015

Oleh:

Rivai Bolotio

(Dimuat dalam Jurnal Pendidikan “Iqra”,Vol. 7 No.2 Desember 2009, ISSN : 1693-5705)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan suatu hal yang menarik untuk dibicarakan karena selalu memberikan solusi dalam kehidupan, di lai sisi pendidikan selalu memberikan ruang gerak yang luas dan lues tanpa mebatasi ruang dan waktu kepada manusia sepanjang membawa kebaikan dan kemajuan lembaga pendidikan bila ada orang membatasi seseorang termasuk berfikirnya maka hal itu akan di pertanyakan keilmuannya dalam kerangka pendidikan. Tulisan ini mencoba mengemas bagaimana memposisikan menusia sesuai dengan kodratnya yang telah dianugerahkan potensi oleh Allah SWT.

 

Kata kunci : pengertian pendidikan islam, sumber pendidikan islam, pemberdayaan pendidikan


ANALISIS METODE PENGAJARAN FONETIK DAN MORFOLOGI BAHASA ARAB

Desember 11, 2009

Oleh: Adri Lundeto

Abstrak

Fonetik atau sistem bunyi bahasa adalah salah satu aspek bahasa yang pertama kali harus dipelajari ketika suatu bahasa diajarkan, karena kata dan kalimat suatu bahasa tersusun dari bunyi-bunyi tersebut. Adapun metode pengajaran fonetik, termasuk fonetik bahasa Arab adalah ”meniru”, yaitu meniru pengucapan bunyi-bunyi bahasa-bahasa asing yang dipelajarinya, yang diucapkan sebagaimana pemilik bahasa itu mengucapkannya, baik diucapkan langsung oleh native informant ataupun dengan rekaman. Sementara metode pengajaran morfologi, tidak dapat lepas dari tata bahasa. dan pembahasan tata bahasa tidak bisa lepas dari pembahasan pengajaran bahasa Arab secara keseluruhan

Kata Kunci:

Metode Pengajaran, Fonetik, Morfologi


STAIN/IAIN MENUJU UIN (Perspektif Pemikiran Pendidikan A. Malik Fadjar)

Desember 11, 2009

Oleh: Muh. Idris

Abstrak

STAIN/IAIN dalam konteks kekinian tidak memadai lagi dalam merspon tantangan globalisasi dan modernisasi. Islam yang begitu universal dalam pengembangan nilai-nilai keilmuan dan dapat mencapai titik puncak bangunan peradaban sejarah pada abad klasik khususnya pada masa pemerintahan al-Makmun pada masa itu. Islam berbicara persoalan puasa misalnya, hal ini dapat dimaknai bahwa Islam harus kita kembangkan pada ilmu-ilmu seputar kesehatan. Fiqih dapat dikembangkan dengan nilai-nilai keilmuan yang bermuara pada hukum-hukum sosial termasuk Isra’ dan miraj dapat dikembangkan keilmuannya melalui sins dan teknologi, dan semacamnya. Dari informasi tersebut bahwa STAIN/IAIN suatu keharusan untuk menuju UIN dalam merespon tantangan globalisasi, otonomisasi dan modernisasi. UIN tidak mengenal fakultas agama yang ada adalah pengembangan kultur keilmuan yang bernuansa Islam yang rahmatan lil’alamin.

Kata Kunci:

Sejarah singkat, tantangan menuju UIN dan STAIN/IAIN Menuju UIN


PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA

Desember 11, 2009

Oleh: Abdul Haris Abdullah

Abstrak

This research aimed to describe: (1) the relationship between the utilization of Information Technology, learning motivation, and learning behavior; (2) the relationship of the utilization of Information Technology and learning motivation, individually or combined toward the learning behavior of the students of SMK in Manado City.

The research sample was 84 students chosen proportionally from the total population of 530 students scattered at 4 SMK in Manado City. This research applied survey method with data collecting technique through questionnaires which had been tested before for their validity and reliability. Furthermore, the collected data was analyzed by computer, using SPSS 16 for Windows 2007.

Based on the research analysis, the following findings were: (1) Relationship was found between the utilization of Information Technology, learning motivation, and learning behavior; (2) significant impact was found between the utilization of information technology and learning motivation toward learning behavior of the students of SMK in Manado City, either individually or combined.

Kata Kunci:

Information Technology, motivation, Learning behaviour


MERAJUT PERDAMAIAN MELALUI PENDIDIKAN ISLAM

Desember 11, 2009

Oleh: Sahari

Abstrak

Dalam konteks agama Islam, perdamaian merupakan salah satu cita-cita universal yang diusung melalui pengutusan Muhammad SAW sebagai pembawa risalah Islam. Misi penyempurnaan akhlaq manusia (liutammima makrima al-akhlaq) mengandaikan sebuah proses transformasi manusia menuju terciptanya manusia yang memiliki karakter positif.

Dalam hubungan antar elemen kebangsaan, dengan prinsip-prinsip penegakan akhlaq al-karimah ummat Islam Indonesia memiliki potensi besar untuk membangun hubungan harmonis di tengah situasi keberagaman kebudayaan. Untuk itulah, dibutuhkan upaya-upaya penggalian dan pembumian nilai-nilai perdamaian, anti-kekerasan dan keadilan guna mewujudkan kondisi masyarakat Indonesia yang lebih baik. Dengan jumlah yang mayoritas, ummat Islam seyogyanya dapat mengambil peran dan memberi sumbangsih besar terwujudnya keteraturan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, salahsatunnya melalui jalur pendidikan, baik formal, informal maupun non formal.

Kata Kunci:

perdamaian, pendidikan Islam


ETIKA BERKOMUNIKASI GURU DAN PESERTA DIDIK MENURUT AJARAN AGAMA ISLAM

Desember 11, 2009

Oleh : Mohammad S Rahman

Abstrak

Etika merupakan hal yang sangat umum, artinya bahwa etika adalah yang mesti diketahui oleh setiap manusia, dalam kehidupan bermasyarakat, namun ketika menjadi prinsip benar dan salah dari perilaku setiap manusia, sedangkan komunikasi dipandang memiliki multi makna dan kompleks, hal ini disebabkan karena komunikasi merupakan suatu fenomena sosial yang dapat diartikaan bermacam-macam (multi makna). Walaupun fenomena komunikasi itu tetap ada dan tidak berubah, namun pemahaman tentang fenomena itulah yang dapat berbeda dari satu orang dengan orang lainnya.

Guru sebagai tenaga pendidik, harus dapat dijadikan contoh dalam beretika dan berkomunikasi. Agar tercapai keberhasilan belajar, maka guru dituntut memberikan pendekatan kepada siswa sesuai dengan keadaan siswa tersebut, disinilah dibutuhkan variasi. Pendekatan dan variasi itu bisa tercapai bila etika dan komunikasi yang digunakan guru sesuai dengan ajaran Islam.

Kata Kunci:

etika berkomunikasi, guru, peserta didik


AGAMA SEBAGAI SUATU TERAPI BAGI REMAJA (Suatu Pendekatan Psikologi Pendidikan)

Desember 11, 2009

Oleh: Zubaidah Al-Bugis

Abstrak

Agama adalah merupakan kebutuhan hidup manusia yang tidak dapat di tawar-tawar meskipun untuk sementara waktu dapat saja di tunda akan tetapi untuk menghindarinya adalah tidak mungkin.

Kebutuhan terhadap agama sebagai suatu kebutuhan mutlak, pasti diperlukan dan merupakan kebutuhan psikhis atau kejiwaan yang secara natural terdapat dalam watak natur manusia yang membutuhkan rasa aman, kasih sayang, penghargaan, rasa bebas, kekuatan, mengontrol dan rasa berhasil

Remaja yang dikatakan sebagai manusia yang memiliki konflik kejiwaan yang sangat rawan, kesimpang siuran kepribadian, mental yang labil, mudah terombang ambing, sangat membutuhkan bimbingan agama.  Karena dengan  Moral Islami (Baca: bimbingan agama) melalui pembinaan keagamaan remaja dalam segala dimensinya yang mencakup pembinaan keyakinan yang mengacuh pada keyakinan tauhid, pembinaan akhlak, dalam segala arah meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia dan akhlak kepada alam lingkungan, maka kehidupan manusia akan berada dalam kelapangan.

Kata Kunci:

agama, remaja, psikologi pendidikan